Selamat Datang di Blog Saya

Selasa, 02 April 2013

OSK Depok 2013 Jilid 1

Assalamu’alaikum wr. wb.
Pada hari Rabu, 3 April 2013, yang lalu, ane mengikuti suatu event lagi nih... Yaitu OSK atau Olimpiade Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota...
Yap, seperti yang telah ane ceritakan di postingan sebelumnya, alhamdulillah ane lolos mewakili SMA Negeri 3 Depok di bidang Matematika bersama 9 orang lainnya, yaitu Nindya, Tazki, Jamal, Qurina, Syifa, Asri, Naufal, Abdul Robby, dan Istu... Nindya, Tazki, dan Jamal itu anak kelas XI IPA 1... Nah Qurina dan Syifa kelas X-1... Asri, Naufal, dan Abdul Robby itu kelas X-4... Dan yang terakhir Istu anak kelas X-9... Jadi, formasi tim Matematika SMA Negeri 3 Depok di tahun 2013 adalah 4 siswa kelas XI dan 6 siswa kelas X... *lupakan wkwk
Udah ane ceritain juga kalau seminggu sebelumnya tuh adalah minggu full pelatihan kan??? Dan di hari ini adalah eksekusinya...
Oke, sebelumnya ane cerita tentang OSKnya dulu...
Sebenernya, OSK itu diadakan pada tanggal 2-4 April 2013... Aslinya, tanggal 2 April buat Matematika, Fisika, dan Kimia... Tanggal 3 April buat Biologi, Komputer, dan Astronomi... Serta tanggal 4 April buat bidang Ekonomi, Kebumian, dan Geografi... Oh iya, semenjak tahun 2013, ada satu bidang baru di rangkaian OSN, yaitu bidang Geografi...
Lanjut ke pembicaraan kita... Tadinya tuh dari pusat tanggal segitu... Tapi akhirnya kalo gasalah di Jawa Barat jadi tanggal 3 April buat Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Komputer serta tanggal 4 April buat sisanya, yaitu Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi...
Nah, karena ane ikut bidang Matematika yang merupakan bidang di hari pertama, maka ane akan cerita tentang di hari pertama *eh... Wkwkwk...
Total kontingen di hari pertama kalo ane gasalah inget ada 42 orang... Untuk bidang Matematika, Kimia, dan Biologi, masing-masing ada 10 orang, sementara bidang Komputer dan Fisika masing-masing ada 6 orang, sehingga totalnya 42 orang wkwk...
Jam setengah 7, masing-masing udah mulai berangkat dari SMANTI... Yap, dari SMANTI, soalnya kita sekolahnya di SMANTI wkwk... Dan ane kebagian yang jam 7 berangkatnya wkwk... Alias kloter terakhir... Kita berangkat ke tuan rumah OSK tahun ini, yaitu SMA Sejahtera 1...
Sampe di sana, ketemu sama temen satu kontingen SMANTI... Iyalah wkwk... Terus juga ketemu temen-temen SMP... Waw, kalian sudah besaaarr wkwk... Dan terakhir ketemu sama temen-temen Nasional dari SMA Pribadi, satu Biologi dan satu lagi Matematika hehehe...
Sekitar jam 8 lewat banyak, ada pembukaan... Kita (para peserta) disuruh baris berdasarkan bidangnya masing-masing... Karena ane bidang Matematika, maka ane baris di bidang Matematika wkwk...
Setelah itu masuk ke ruangan masing-masing... Ane dapet ruang 4 dengan nomor peserta MAT-079... Sebelahan sama temen se-Nasional ane dari SMA Pribadi yang memiliki nomor peserta MAT-078 wkwk... Ane seruangan sama Nindya, Naufal, dan Qurina...
Oke tes hampir dimulai... Masing-masing peserta di bidang Matematika diberikan 12 lembar kertas menjawab yang di bagian atasnya masing-masing terdapat identitas dari nomor peserta, nama peserta, nama sekolah, nama kota/kabupaten, nama provinsi... Tapi gaada nama negara wkwk... Tiba-tiba ane bilang sama temen ane yang nomor MAT-078, "Wah, jangan-jangan essay semua nih” wkwk... Udah gitu disuruh ngisi identitas tadi sebanyak 12 halaman wkwk...
Setelah dikasih soal, ada 20 soal Isian Singkat... Dan dijelaskan ternyata kertas tadi buat coret-coretan, dan lembar jawabannya menggunakan lembar kesatu dan kedua wkwk...
Dari total ke-20 soal, ane ngejawab 18 soal... Dua soal yang ane gajawab adalah tentang faktorial dan sudut pada lingkaran... Di, kedua soal itu, ane nge-blank... Soal tentang faktorial itu soalnya familiar di ane, tapi ane ga kepikiran untuk menjawabnya, dan akhirnya gagal terjawab... Wkwkwk...
Setelah selesai, ane langsung keluar dan ketemu temen yang lain... Tadi kan niat pengen duduk dulu, tapi ternyata di deket tempat duduk itu ada yang lagi bahas soal... Akhirnya ane pun pergi berlalu wkwk...
Pas ketemu temen yang lain, ada beberapa yang curhat... Anak kimia ada yang curhat kalo di salah satu ruangan gaboleh pake kalkulator... Padahal bidang kimia kan boleh pake kalkulator... Wkwkwk... Kayaknya Kota Depok kurang briefing nih ke para pengawasnya mengenai tata tertibnya... Tapi yang berlalu biarlah menjadi pembelajaran... Harapannya sih di tahun selanjutnya, para pengawasnya lebih di briefing lagi...
Lanjut lagi, ada curhatan dari anak Komputer... Harusnya mereka tuh waktunya 150 menit... Tapi, pas waktu 120 menit, mereka udah disuruh selesai... Jadinya rugi 30 menit deh hehe... Ya, kalo boleh ane katakan sih, OSK tahun ini ada beberapa kekurangan nih... Terutama yang briefing pengawas sama yang bidang komputer... Tapi yang penting sih, dari segi pelaksanaan, bisa dibilang lebih baik... Hehe...
Dan ane pun kembali berharap, banyak perwakilan dari SMA Negeri 3 Depok yang berhasil tembus ke OSP kembali... Dan semoga kita juga bisa berhasil mewakili Jawa Barat di ajang OSN... *aamiin

Bersambung...

Mohon respon...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar