Selamat Datang di Blog Saya

Sabtu, 31 Agustus 2013

Pelatihan OSN 2013 Tingkat Provinsi Jawa Barat Jilid 5

Assalamu’alaikum wr. wb.
Hari kelima di Bandung...

Sabtu, 31 Agustus 2013

Udah ketebak pasti deh apa yang ane lakuin pagi ini??? Yap, shalat Shubuh, nyari WiFi, mandi, dan sarapan wkwk...
Langsung ke pelatihan hari ini... Seperti biasa kita jalan dulu dari hotel PB ke hotel BMI wkwk... Di sesi 1 dan 2 pada hari ini kita belajar tentang Number Theory... Akhirnya ini pelatihan hari keempat kita terbebas dari Kombinatorik (untuk sementara)...
Ya namanya Number Theory, berarti kita belajar tentang teori-teori bilangan wkwk... Dari tentang keterbagian, gcd, bilangan prima, dan teori-teori lainnya wkwk...
Selanjutnya belajar tentang Divisibility... Dari Identity Sophie Germain sampe ngerjain soal MMO yang katanya sih tersulit dari yang pernah di proposed (diusulkan)... Soalnya itu kayak gini : “If n ≥ 3, then 2^n can be represented in the form 2^n = 7x^2 + y^2 with odd x, y”... Jadi itu adalah soal MMO tahun 1985... MMO itu adalah singkatan dari Moskov Mathematical Olympiad, suatu olimpiade gitu yang diadain di Moskow deh kayaknya... Dewa gak tuh wkwk...
Untuk n yang kecil, kita masih bisa nyari-nyari x sama y nya dengan mudah... Kalo udah n nya gede, ane dapet ide wkwk... Buka wolframalpha wkwk... Bagi yang belum tau apa itu wolframalpha, itu adalah kayak situs gitu yang bisa ngejawab pertanyaan-pertanyaan kita tentang matematika (asal tau keyword nya)... Selain itu, ane pernah nyoba juga, dan ternyata bisa dipake buat ituan... Buat apa hayooo??? Buat ngejawab pertanyaan tentang geografi bahkan pengetahuan umum... Sekali lagi, asal tau keyword nya yaa... Soalnya ane dulu juga pernah nyari jarak kota Jakarta ke Bandung pake wolframalpha wkwk...
Selanjutnya ISHOMA... Beberapa hari ini tuh, pas pelatihan, suka berasa ngantuuukkkk banget... Pengen deh pas lagi ISHOMA gitu tidur siang, kan seru... Tapi susah...
Seperti biasa kan makan dan shalat... Nah, ane langsung ke kamar, ngecek WiFi lagi dan main game yang beberapa hari ini ane lagi sering mainin wkwk... Game facebook sih, tapi gapapalah wkwk... Game nya itu ada 2, ada Are You Smarter Than A Fifth Grader versi facebook, sama Supermarket Mania *kalogasalah*... Intinya yang game kedua gitu, kita yang ngatur-ngatur supermarket gitu deh, dari persediaan barang, promosi supermarket, berkunjung ke supermarket orang, dan lain-lain... Iseng banget gak sih main beginian wkwk...
Alhasil niat pengen tidur siang pun gagal wkwk... Soalnya juga, pas ane lagi main tuh game, ane dipanggil beberapa orang... Dan ternyata mereka mau laundry di luar... Ane ikut-ikutan aja deh wkwk... Kita total bertujuh atau berdelapan gitu deh wkwk... Cowok semua tapi wkwk... Laundry dimana??? Ane gatau... Ane ikut-ikutan aja wkwk...
Singkat cerita udah sampe tempat laundry dan tempatnya agak jauh wkwk...
Sampe tempat laundry ngeliat 2 anak cewek Depok... Kayaknya sih Nadia sama Izmi, abis ngelaundry juga kayaknya... Maksudnya abis nitipin laundry juga wkwk...
Langsung deh kita nimbang berat pakaian kita... Berat pakaian ane sekitar 1,5 kg... Agak nanggung masa segini wkwk... Harusnya masih banyak yang dibawa nih wkwk...
Sebenernya apa sih yang menyebabkan kita laundry??? Yaaa, tau sendiri kan, OSN tahun ini diadain di Bandung atau di daerah Jawa Barat... Nah, jadi setelah acara pelatihan selesai, kita langsung ke tempat penginapan OSN... Maka kita gak pulang dulu dan itu sekitar 2 minggu... Trus juga kita kebanyakan cuma bawa 1 koper... Dan 1 koper itu cukup buat sekitar 1 minggu... Jadi ya kita butuh laundry...
Satu lagi pertanyaan, kenapa nyari laundry di luar??? Yaaa, secara tau sendiri, biasanya tempat penginapan berbentuk hotel itu agak mahaaalll dan diitungnya per buah... Kalo nyari laundry di luar kan diitungnya perkiloan wkwk...
Abis menyerahkan pakaian, kita disuruh balik lagi ke sana 2 hari kemudian, atau bertepatan dengan check-out dari Hotel PB... Yaudah deh abis itu kita balik ke Hotel PB buat ngambil alat-alat tulis dan segera caw ke Hotel BMI, soalnya yaaa, waktu udah menunjukkan jam setengah 2 lewat... Tidaaakkkk, telattt wkwk... Soalnya sesi 3 mulai setengah 2 wkwk...
Akhirnya dengan setengah, eh, tiga perempat lari, sambil naik lift Hotel BMI, kita pun nyampe di ruangan pelatihan... Untuk pertama kali, di hari kelima di Bandung, ane mengeluarkan keringat wkwk...
Langsung deh, di sesi 3 ini kita belajar tentang Classical Eucledian Geometry yang jelas berasal dari rumpun Geometri... Jadi disini tuh yang menarik menurut ane, ada di bagian Easy Geometrical Problems, soalnya kurang lebih kayak gini, buktikan kalo kita ngelipet kertas, hasil lipetannya itu pasti garis lurus wkwk... Secara penglihatan sih obvious ya, tapi ya harus dibuktikan, jadinya ya harus pake sedikit teori wkwk... Tenyata pake posisi titik gitu wkwk...
Abis itu di sesi 4, kita lebih main ke Lemma wkwk... Lemma itu tuh, kalo menurut sebuah buku, adalah sebuah teorema kecil yang muncul untuk membuktikan teorema yang lebih umum... Gitu sih kata bukunya wkwk...
Sesi 4 selesai dan seperti biasa kita balik ke Hotel PB... Sampe di hotel PB, kita diajak sama anak Fisika buat sparing futsal... Niat banget wkwk... Akhirnya beberapa dari kita pun ikutan... Ane galau mau ikut apa nggak, kalo ikut juga mau ngapain, ane gabakal main juga wkwk... Akhirnya ane gaikut... Ane di kamar aje dah...
Mereka berangkat jam 5 dan balik jam 6... Jadinya berapa jam??? Ya sejam lah wkkw...
Nah, di kamar ane ngobrol-ngobrol aja bareng si Ahyad deh tuh hehe... Ngobrolin apa??? Ya segala macem lah wkwk... Bentar, Ahyad kan anak Fisika, kenapa dia gak ikut sparing futsal??? Wkwkw... Katanya dia juga lagi males wkwk...
Ya akhirnya pun mereka balik *truskenapa? Wkwk... Pas itu ane lupa lagi ngapain... Yang jelas bukan mandi... Tau sendiri lah, lagi hemat baju buat sampe minggu depan lagi wkwk... Yaudah deh, alhasil mainan game yang tadi siang lagi... Sambil download-download aplikasi dan game buat Windows 8 wkwk... Soalnya selama beberapa hari ini, ane juga sambil download hal-hal tersebut wkwk... Asyik gak tuh...
Sekitar jam 9-an, Eriz (Matematika-Kabupaten Bekasi), main-main ke kamar ane wkwk... Kita sambil download-downloadan, ngobrol-ngobrolan, nonton YKS *eh?... Sampe larut malem sekitar jam 11-an deh wkwk... Katanya dia keluar dari kamar karena di kamarnya ada yang lagi *ehm? Wkwk... Apaan tuh??? Ya gitu deh wkwk...
Yaudah deh, sekitar jam setengah 12-an, ane udah nyerah, ngantuk wkwk... Dan akhirnya pun tiduuurrr... Sampai jumpa lagi besok wkwk...

Bersambung...

Mohon respon...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar