Selamat Datang di Blog Saya

Rabu, 28 Agustus 2013

Pelatihan OSN 2013 Tingkat Provinsi Jawa Barat Jilid 2

Assalamu’alaikum wr. wb.
Lanjut aja ah, hari kedua di Bandung wkwk...

Rabu, 28 A gustus 2013

Oke, pagi ini begitu dingin... Ya jelas... Ini tempat tuh ada di daerah Lembang yang emang lumayan dinginnnn wkwkk...
Pagi-pagi ane shalat, dan air wudhunya dinggiiinnn... Karena ane gakuat ke luar, jadinya shalatnya di kamar...
Oiya, udah cerita tentang kamar 10A belum sih??? Wkwk... Disini tuh kamarnya gedeee.... Di dalem kamar ada 3 ruangan... Yaitu ruang depan, kamar mandi, sama kamar sesungguhnya... Ruang depan isinya tuh ada TV, telepon, kursi, bangku, meja wkwk... Sama ada dispenser Wireless, alias dispenser tanpa kabel... Sama ada alat pemanas air sama gelas juga hehe...
Lalu di kamar mandi, ada wastafel, tapi airnya agak kecil... Ada kloset juga, tempat gantung pakaian, sama ada shower air panas dan air dingin wkwk... Kalo di kamar, ada 4 buah kasur dan beberapa alat-alat lainnya wkwk... Tapi ada daftar charge disini andaikan ada barang-barang yang kebawa wkwk...
Abis shalat langsung ngecek WiFi lagi wkwk... Iseng aja main-main game sama download-download game wkwk...
Langsung aja deh ke acara pertama di pagi ini, yaitu Pemberian Motivasi dari seorang pelatih bidang Kimia, yaitu Kak Adit... Si kakak ini cerita-cerita tentang kisah hidupnya wkwk... Ternyata di umurnya yang masih kepala 2, udah menempuh pendidikan S3 woowww... Kalo gasalah yaa hehe... Nah, kita disini semuanya dikumpulin gitu di satu ruangan... Masih di ruang Bonia... Hehe...
Selanjutnya kayak ada games gitu, tapi dibagi kelompok-kelompok... Dan kelompoknya itu ngacak berdasarkan tempat duduk... Dan ane dapet kelompok 7... Anggota-anggotanya itu ada ane (Matematika-Kota Depok), Enji (Matematika-Kota Bogor), Nikko (Fisika-Kota Bogor), Nadya (Fisika-Kabupaten Bekasi), Hasna (Biologi-Kota Bandung), Lia (Ekonomi-Kota Depok), dan Adli (Geografi-Kota Sukabumi)... Nama kelompok kita itu PLASMID dan itu adalah usulan dari Hasna, anak SMA Pribadi Bandung... Sekarang dia masih kelas 10, jadi ikut OSK kelas 9 SMP... Woowww... Dan makna dari PLASMID itu ane lupa, yang inget adalah Hasna hehe... Yang jelas, kita kelompok 7, kita ber-7, dan huruf di kata PLASMID itu ada 7 huruf... Hehehe... Serba 7...
Abis itu ada Coffee Break dulu... Biasa lah disini ada snack kalo pagi dan sore hari hehe... Dan abis itu kita balik ke ruangan lagi...
Kita disuruh bikin yel-yel dan kita dikasih permainan kayak estafet kata tapi melalui gerakan wkwk... Yel-yel kita itu tuh simple bangeettt wkwk... Jadi ada 7 orang kan kita, nah karena jumlah huruf di nama kelompok kita ada 7, maka setiap dari kita secara bergantian nyebutin satu huruf wkwk... Dari P, L, A, S, M, I, dan D, lalu secara bersama-sama menyebut kata PLASMID wkwk... Dan ane kebagian nyebut huruf D...
Pas kita giliran maju deh wkwk... Mulai memperagakan yel-yel tersebut dan pas giliran ane, ane pun menyebut huruf D dengan agak datar wkwk...
Setelah itu kita dikasih satu kalimat gitu dan kita harus memperagakannya satu persatu secara estafet... Jadi orang pertama peragain ke orang kedua, orang kedua peragain ke orang ketiga, orang ketiga peragain ke orang keempat, dan seterusnya sampai orang ke-(n – 1) peragain ke orang ke-n... Wkwk *jiwa anak mtk wkwk*...
Nah, sialnya di kelompok ane, ane disuruh jadi penjawab soal, alias yang terakhir gitu wkwk... Mulai deh ya, kalimatnya tuh “**rahasia**”... Mulai diperagakan satu persatu... Sampai tiba saatnya orang sebelum ane tuh memperagakan ke ane... Ane lupa sebelum ane itu siapa, kaloga salah sih Nadya wkwk... Dia tuh peragainnya kayak gini *anggapinimemperagakan*... Nah kayak gitu wkwk...
Pas disuruh menjawab, ane pun menjawab wkwk... Ane jawab badan gitar jongkok wkwk... Lagian meragainnya itu yang pertama kayak meragain badan gitar dan meragain yang keduanya itu jongkok wkwk...
Ternyata, tebak apa yang menjadi kalimat sebenarnya??? Kalimat itu adalah “Ada Udang di Balik Batu”... Jadi, kalimat yang diberikan kepada kita itu sebenarnya adalah peribahasa gitu wkwk...
Ada kelompok yang kocak meragainnya wkwk... Jadi, kalimat yang diperagain itu “Guru Kencing Berdiri, Murid Kencing Berlari”... Bayangin aja gimana meragainnya wkwk...
Selanjutnya adalah ISHOMA... Istirahat, Sholat, dan Makan... Alias SHOISKAN... Sholat, Istirahat, dan Makan... Tergantung mau make yang mana wkwk...
Abis ISHOMA alias SHOISKAN (selanjutnya pake ISHOMA aja deh biar lebih enak wkwk), kita disuruh balik ke ruang tadi buat persiapan menuju Pelatihan Hari Pertama... Serta ada pengenalan dengan pelatih-pelatihnya hehe...
Acara dimulai, dan di bidang Matematika ternyata selama semingguan ini akan dilatih oleh Kak Esqi... Dia pernah sampe ke Pelatnas Tahap 2 katanya, tapi ane lupa itu tahun berapa... Hehe...
Dan untuk bidang Ekonomi, Biologi, Fisika, Matematika, dan Astronomi, ternyata pelatihannya itu di Hotel Bumi Makmur Indah (selanjutnya disebut Hotel BMI) yang merupakan tempat OSP tahun ini wkwk... Dan ternyata hotelnya itu ada di seberang Hotel Pesona Bamboe (selanjutnya disebut Hotel PB)... Jadi, selama semingguan ini kita bakal sering-sering nyebrang bolak-balik Hotel Pesona Bamboe dan Hotel Bumi Makmur Indah...
Langsung deh sekitar jam setengah 2-an lah kita (yang anak Matematika) jalan menuju Hotel BMI... Kebetulan Matematika dapet ruangan di aula lantai 2... Pas sampe di ruangan, ternyata HP ane baru bisa konek sama internet... Jadi ceritanya, internet di HP ane lagi gabisa dipake selama sehari kemaren gara-gara gamau konek... Wkwk... Sekalinya konek, chat di Whatsapp langsung bejibun gara-gara akumulasi chat selama sehari terakhir wkwk...
Oiya, untuk hari ini, jadwalnya itu adalah Test Awal Olimpiade... Tapi karena soal yang bakal diujikan itu belum dateng, makanya kita ngobrol-ngobrol dulu deh wkwk... Perkenalan dulu hehe... Selanjutnya ngebahas garis besar materi Olimpiade sama ditanya materi apa aja yang belum terlalu dikuasai... Sebagian besar menjawab Geometri dan Kombinatorik... Tapi lebih dominan di Geometri hehe...
Oiya, sebelumnya, mulai jilid ini sampe beberapa jilid ke depan, ane mohon maaf ya kalo ada sesuatu paragraf yang menceritakan tentang pelatihan yang bikin kalian bingung atau boring... Kalo kalian bingung atau boring, kalian skip aja ke paragraf selanjutnya wkwk... Soalnya di tiap jilid itu bakal ada hal-hal menarik yang terselip di dalamnya wkwk...
Back to the topic, sekitar jam 3, soal pun dateng... Wkwk... Untuk Test Awal di bidang Matematika, ada 5 soal Uraian yang harus dikerjakan selama 2 jam... Hehe...
Soalnya itu gitu masa wkwk... Yaa gitu lah hehe... Soal pertama tentang proyeksi garis tinggi segitiga gitu... Dan sialnya pas nyari luas segitiga, ane ga pake dikali setengah... Cukup mengurangi poin juga itu... Hehe...
Soal kedua tentang semut di atas tali... Tentang soal ini, ada salah persepsi masa sama soalnya wkwk... Soal ketiga tentang sistem persamaan... Dan ada sedikit miss di akhir wkwk... Soal keempat tentang orang-orang yang berhubungan dengan frekuensi gelombang radio... Disini juga agak salah kayaknya hehe... Dan soal kelima adalah tentang segitiga tumpul... Ane jawab sampe 2 halaman sekaligus... Wkwk... Soalnya gitu sih lagian, wkwk... Jadinya iseng ngerjain sampe 2 halaman wkwk...
Abis itu udahan deh... Dan yang muslim shalat dulu... Abis itu balik ke hotel PB... Wkwk...
Pas malem-malem, ane memberanikan diri untuk mandi wkwk... Pas mandi, ane kayak ngedenger ada sesuatu dari luar... Hehe... Pas ane selesai mandi, eh bener... Di kamar 10A ada penghuni baru, yaitu Ahyad (Fisika-Kabupaten Bogor)... Dan tiba-tiba jumlah kasur di kamar udah ada 5 hehe...
Abis itu, kita berlima (penghuni kamar 10A), pun ngobrol-ngobrol gitu hehe... Entah lah ini gimana yang penting ngobrol wkwk... Abis itu, si Ahyad dipanggil buat pelatihan Fisika... Ternyata anak-anak Fisika make tambahan jam malemnya wkwk... Huaaaa...
Tapi kayak masih ada yang aneh deh... Kayaknya tadi pas mandi, ngedenger suara Hanif (Matematika-Kota Bogor) deh hehe... Tapi ya sudahlah, biarlah waktu yang menjawab itu *eh...
Akhirnya pun ane lanjut nyari Wi-Fi hehe... Abis itu tidur wkwk... Lanjut lagi besok deh... Huaaaa.....

Bersambung...

Mohon respon...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar