Selamat Datang di Blog Saya

Jumat, 30 Agustus 2013

Pelatihan OSN 2013 Tingkat Provinsi Jawa Barat Jilid 4

Assalamu’alaikum wr. wb.
Hari keempat di Bandung...

Jumat, 30 Agustus 2013

Seperti biasa, rutinitas awal pas pagi-pagi, ane pun shalat Shubuh, ngecek Wi-Fi, mandi, sarapan wkwk... Seperti biasa hari ini dingin ih wkwk...
Lanjut ke pelatihan hari ini aja deh ya... Sesi 1 hari ini dimulai jam setengah 8 di Hotel BMI... Jadwal awalnya adalah ngebahas soal yang semalem wkwk... Soalnya sih solve, tapi ane masih bingung sama solve-nya, maksudnya gimananya gitunya bisanya solve-nya wkwk...
Abis tuh kita masih ngebahas tentang Extremal Principle... Yap yang kemaren wkwk... Ada satu soal unik yang dibahas kali ini, yaitu tentang strategi games gitu... Jadi yang seru di matematika itu yaa kalo ada soal tentang strategi games... Tapi ya tetep aja ngeselin, gara-gara soalnya itu pasti berhubungan sama kombinatorik wkwk...
Sebenernya kenapa sih menurut sebagian besar orang kombinatorik itu ngebetein (selain geometri)??? Yaaa, kalo menurut ane sih karena dia tuh gabisa ditebak-tebak harus pake prinsip yang mana... Walaupun ketemu ya bingung pake bagian mananya... Kalopun ga nemu ya mau gamau nguli (bahasa anak Matematika : mencoba satu persatu semua kemungkinan) wkwk... Udah gitu, kadang soalnya ambigu wkwk...
Di sesi ke-2 kita blajar tentang Box Principle yang masih dari materi Kombinatorik, yaitu prinsip yang menurut ane kayak PHP gitu... PHP disini bukan Pemberi Harapan Palsu yee, tapi Pigeon Hole Principle wkwk... Tapi di Box Principle ini kalo menurut ane sih lebih mendalam... Di Box Principle juga dibahas tentang Ramsey Number... Ane sebenernya masih samar-samar maksud dari Ramsey Number ini, tapi sih ini kalo gasalah gitu deh wkwk...
Nah abis itu kita ISHOMA... Biasanya itu kan ISHOMA mulai jam 12, tapi khusus hari ini ISHOMA nya mulai jam 11... Kenapa??? Soalnya ada sholat Jumat hehe... Langsung deh kita balik dulu ke kamar masing-masing... Terus kumpul lagi buat shalat Jumat... Kita shalat Jumat di salah satu tempat tepat di depan Hotel PB... Ane lupa namanya apa, yang jelas itu adalah komplek perkantoran gitu dan di dalemnya ada Masjid... Jadi, bisa dipake sholat Jumat deh hehe...
Abis shalat Jumat, balik lagi ke Hotel PB, makan siang wkwk... Abis itu pun kita balik lagi ke Hotel BMI buat pelatihan selanjutnya... Di sesi 3 hari ini, kita belajar tentang Enumerative Combinatoric yang jelas banget ini masih bagian dari kombinatorik wkwk... Disini termasuk juga materi Divide and Conquer, yaitu ngebagi-bagi permasalahan menjadi kasus-kasus kecil yang bisa diselesaikan wkwk... Di sesi 4, masih belajar tentang si Enumerative Combinatoric, tapi kita bahas satu soal yang unik wkwk... Jadi ada 128 objek yang beratnya berbeda, kita disuruh nyari jumlah kemungkinan minimum pembandingan setiap dua objek untuk mendapat dua benda terberat dan tiga benda terberat wkwk...
Oiya, ane mau cerita kalo selama beberapa hari ini tuh, ane selalu mendengar suatu kalimat yang khas dari anak Matematika, yaitu obvious... Obvious itu artinya adalah jelas... Jelas disini maksudnya ya pernyataan yang sifatnya udah jelas dan sebenernya ga perlu dibukti-buktiin lagi... Ya pokoknya obvious lah kenapa kita pake kata obvious wkwk...
Abis itu udah selesai kan pelatihannya, pas pengen balik ke Hotel PB, ternyata ujan... Untung aja ujannya cuma gerimis, jadi tembus aja deh ujannya wkwk... Sampe di Hotel PB, disuruh ke kamar 7A dulu... Wah mau ngapain tuh??? Ternyata dapet batik kontingen... Wooww... Asyik nih batik again hehe... Warna batiknya merah... Dan pas ane liat, kok batiknya agak mirip sama batik SMANSA ya??? Warnanya aja sih... Hehe... Anak SMANSA pun pada bilang gitu secara sekilas...
Abis itu kita balik ke kamar... Abis itu shalat dan makan malam... Pas makan malam, katanya ada isu-isu kalo kita bakal ada nonton bareng film Habibie Ainun... Nah lho??? Ane bingung... Wkwk... Sementara ane udah pernah nonton dan kebetulan di netbook ane juga ada wkwk...
Langsung deh ya abis itu ke kamar... Dan abis itu ada panggilan buat kumpul gitu di ruang makan... Dengan asumsi di otak ane masih berpikiran bahwa bakalan nonton film Habibie Ainun...
Ternyata ada apa??? Ternyata ada informasi gitu... Jadi ada suatu kompetisi atau apapun itu yang bernama Ainun Habibie Award... Cara untuk mendapatkan itu ya kita mengikuti Olimpiade Online Nasional atau disingkat OON... Meskipun singkatannya begitu, tentunya acara ini bermaksud untuk mencerdaskan anak bangsa *saik*...
Jadi ini tuh kayak OSN gitu, ada tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional gitu, tapi sistemnya online... Dan sistemnya itu per tim... Satu tim sepuluh orang, tapi dari sekolah yang sama... Dan ngerjainnya pun boleh kerja sama katanya, meskipun satu orang punya soalnya sendiri... Soalnya sama, cuma diacak-acak... Dan soal yang diujikan itu soal-soal pelajaran UN, yaitu tau lah wkwk...
Nah itu yang tadi ane jelasin, sebelumnya dijelasin sama seseorang gitu yang presentasiin di ruang makan... Nah pas lagi seseorang itu menjelaskan, ane sama anak Matematika yang lain bikin grup di Whatsapp wkwk... Cuma grup anak Matematika aja sih... Selanjutnya kita berpikiran untuk bikin grup untuk anak-anak Jawa Barat... Tapi gimana cara minta nomor-nomornya??? Wkwk... Tiba-tiba ane ada ide... Wkwk... Idenya nanti aja deh biar penasaran wkwk...
Abis ada acara itu tuh, kita semua balik ke kamar... Seperti biasa ngantuk-ngantukkan wkwk... Dan seperti biasa juga ane mainan WiFi wkwk...
Cukup deh yaa untuk hari ini hehe...

Bersambung...

Mohon respon...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar