Selamat Datang di Blog Saya

Jumat, 03 September 2010

Malam Lailatul Qadar Lebih Baik dari Malam Seribu Bulan

Anda semua, terutama yang muslim pasti tahu tentang Malam Lailatul Qadar. Malam ini hanya akan muncul 1 malam saja pada bulan Ramadhan. Secara bahasa, Lailatul artinya malam sedangkan Qadar artinya kemuliaan. Jadi Lailatul Qadar artinya Malam Kemuliaan.
Rasulullah bersabda, yang artinya,  "Carilah malam Lailatul Qadar di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan". Artinya, kita disarankan untuk mencari malam Lailatul Qadar dengan cara beritikaf (berdiam diri) di dalam masjid, di antara malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan, entah itu malam ke-21, 23, 25, 27, ataupun malam ke-29. Dan perlu diingat, malam Lailatul Qadar hanya akan muncul 1 malam saja.
Jika kita beritikaf pada malam Lailatul Qadar, maka kita mendapatkan keutamaan seperti beribadah selama 1.000 bulan seperti yang difirmankan oleh Allah pada surah Al-Qadr : 3, yang artinya, "Malam Lailatul Qadar lebih baik dari 1.000 bulan". Bisa dibayangkan dong, kita bagaikan beribadah selama 83 tahun.
Saat beritikaf pun kita disarankan untuk beribadah, entah itu shalat malam, membaca Al-Qur'an, zikir, wirid, ataupun ibadah-ibadah lainnya. Waktu itikaf di malam Lailatul Qadar adalah pada malam-malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadhan. Kita diperbolehkan mengikuti semua malam tersebut. Kita pun juga diperbolehkan untuk hanya mengikuti satu malam saja. Bahkan, tidak mengikuti pun tidak apa-apa karena hukumnya sunnah.
Di malam Lailatul Qadar ini, banyak malaikat yang turun ke Bumi. Tak satu manusia pun yang tahu berapa banyak malaikat yang turun ke Bumi. Yang pasti jumlahnya amat banyak.
Berikut ini tanda-tanda adanya Malam Lailatul Qadar :
  1. Suasana malam hari hening mencekam.
  2. Tak ada angin. Bahkan daun pun tidak bergoyang karena tidak ada angin.
  3. Air tak bergoyang sesaat. Bahkan air yang harusnya turun dari tempat tinggi ke tempat rendah, tidak akan turun sesaat.
  4. Matahari memiliki sinar yang lemah. Sehingga sinarnya tidak sampai ke Bumi.

2 komentar: