Selamat Datang di Blog Saya

Kamis, 16 September 2010

Matematika, Ilmu Perhitungan, Aljabar, dan Geometri

Siapa yang tidak kenal dengan matematika. Dari sekolahlah kita mengenalnya. Pelajaran ini, seolah-olah menjadi sesuatu yang sangat menakutkan bagi sebagian besar siswa-siswi di seluruh penjuru negeri, dari yang nampak hingga yang tidak tampak. Tetapi dibalik itu semua, matematika menawarkan hal-hal yang mengasyikkan dan bahkan bisa membuat kita senang dengannya.
Jika ditanya "Apa yang terlintas di pikiran kita mengenai matematika?", sebagian besar orang menjawab menakutkan, gak asyik, susah, dan lain-lain. Namun, hanya sebagian kecil yang menjawab mengasyikkan, gampang, dan lain sebagainya. Ketidaksukaan seseorang kepada sesuatu pasti ada faktor-faktor penyebabnya. Sama seperti matematika, jika kita tidak suka dengan matematika, pasti ada penyebabnya. Sebagian besar penyebabnya adalah karena gurunya kurang asyik, atau buku-bukunya yang relatif tebal, atau pelajarannya susah dicerna, atau bahkan kita sudah tersugesti oleh teman yang sangat tidak menyukai matematika.
Sebenarnya, untuk dapat menguasai matematika, kita tidak harus menghafal semua materi, seperti halnya IPS ataupun PKn, karena materi itu hanya akan didapati dalam soal-soal tes, layaknya soal UAS atau UN, sebanyak-banyaknya hanya 20 persen. Lalu, 80 persennya lagi? Ya, 80 persennya lagi adalah soal-soal non-materi atau kata lainnya soal-soal perhitungan, aljabar, ataupun geometri. Bagaimana kita bisa mengerjakan itu? Kita bisa mengerjakannya dengan menghafal atau bahkan mengingat-ingat saja rumus-rumus yang kita bisa temukan dalam buku pelajaran sekolah. Dan, satu hal lagi. Jangan hanya menghafal rumus, tapi kita juga harus berlatih soal-soal yang berhubungan dengan yang akan kita pelajari.
Semoga, artikel ini bisa cukup membantu anda-anda yang kurang atau bahkan tidak menyukai matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar