Selamat Datang di Blog Saya

Sabtu, 11 Agustus 2012

Australian Mathematics Competition @SMPIT Ummul Quro

Oke, ane sekarang mau share mengenai lomba yang ane ikutin lagi nih... Yaitu Australian Mathematics Competition (AMC)... AMC sendiri adalah acara kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Australian Mathematics Trust (AMT) untuk murid-murid regional Australia ataupun di negara-negara lain yang difasilitasi... Peserta yang ikut adalah murid-murid dari kelas 3 sampai kelas 12 yang dibagi dalam 5 divisi, yaitu Middle Primary (kelas 3-4), Upper Primary (kelas 5-6), Junior (kelas 7-8), Intermediate (kelas 9-10), dan Senior (kelas 11-12)... Soal-soal yang disediakan pun tingkat kesulitannya bervariasi, dari mudah ke sulit... Sistem penilaian, dari total 30 soal, 25 pilihan ganda dan 5 isian singkat, soal nomor 1-10 poinnya 3, 11-20 poinnya 4, 21-25 poinnya 5, dan 26-30 poinnya berurutan antara 6-10... Soal isian singkat pun jawabannya cuma 3 digit angka, yaitu antara 000 sampai 999...
Oke lupakan mengenai aturan lombanya, sekarang ane mau cerita tentang pengalamannya... Oiya, AMC 2012 diadakan pada hari Kamis, 2 Agustus 2012... Untuk regional Depok ditempatkan di SMPIT Ummul Quro... Ane mulai berangkat jam 12... Dispen di 2 jam pelajaran terakhir...
Oke, ane berangkat bareng pembina C.O.S.S yaitu Bu Nani menuju ke SMPIT Ummul Quro... Tapi kita berdua masih belum tau dimana tempatnya... Katanya sih di daerah Beji... Singkat cerita udah sampe disana dan ane registrasi ulang...
Oiya, ane masuk dalam divisi Intermediate... Kenapa? Karena tahun ajaran 2011/2012 ane masih kelas X... Pas liat daftar registrasi ulang, divisi Intermediate cuma diikuti oleh 2 orang (yaitu ane dan mantan siswa SMPN 5 Depok *udahlulus) dan divisi Senior cuma diikuti 1 orang (yaitu anak SMAN 7 Depok)...
Ane masuk ruang 4 dan disana hampir semua divisi ada karena tempat duduknya emang selang-seling antara kelima divisi (tapi kalo gasalah gaada divisi Upper Primary di ruang 4 *kalogasalah)...
Oke, kita (para peserta) disuruh masuk ruangan jam 2 siang buat persiapan dan pemberitahuan cara pengisian Lembar Jawaban... Persiapan itu cuma membutuhkan waktu sekitar 15-20 menit saja dan kita baru diperbolehkan mengerjakan soal jam 3 siang... Wew... Alhasil sekitar 40 menit yang tersisa kita (peserta) bengong aja... Tapi pengawasnya untungnya asyik... Kita ngobrol-ngobrol dulu sebelum tes dimulai... Sekitar 10 atau 15 menit sebelum tes dimulai, kita dikasih lembar jawaban...
Singkat cerita soal udah dibagiin dan tinggal ngerjain... Soalnya bervariasi dari mudah ke sulit... Soal pertama super gampang, cuma perkalian 8 x 3,3... Ada juga pertanyaan soal cerita yang panjang dan males translatenya (oh iya, soal semuanya dalam bahasa Inggris)... Dan soal terakhir itu soal barisan gitu deh, tapi agak gaje gitu...
Singkat cerita tes selesai pukul 16.15 (waktu untuk divisi Junior, Intermediate, dan Senior itu 75 menit, yang Primary 60 menit)... Lalu ane langsung pulang sama Bu Nani... Tadinya ane mau shalat Ashar dulu disitu, tapi musholla ikhwannya kekunci kayaknya... Jadi, ane shalatnya di rumah... Dan alhamdulillah pulang selamat...
Sekian dulu yang bisa ane share, bagi yang udah membacanya terima kasih...

Mohon respon...

2 komentar: