Selamat Datang di Blog Saya

Senin, 09 April 2012

Penjurusan : Kamulah yang Memutuskan Masa Depanmu

Ehem, syer lagi *eh share... Kali ini kita gak bahas OSK lagi, karena sekarang lagi masa-masa tenang menunggu hasil... Kali ini kita membahas sedikit tentang jurusan... Kita belom ke jurusan kuliah dulu, tapi kita ke jurusan SMA dulu...
Yang melatarbelakangi ane untuk menulis ini adalah saat tadi, siswa-siswi kelas X di SMA ane mengikuti seminar penjurusan yang diadain OSIS SMA ane bersama SMA ane dan beberapa sponsor lain...
Langsung aja deh...
Umumnya, jurusan di SMA Negeri itu ada tiga, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa... Namun, tidak semua sekolah punya jurusan Bahasa, termasuk sekolah ane... Di sekolah ane tuh adanya jurusan IPA dan IPS dengan jumlah kelas 2 : 1... Jadi, kalo semua ada 9 kelas, maka IPA-nya berapa kelas dan IPS-nya berapa kelas hayo???
Selamat bagi anda yang menjawab 6 kelas IPA dan 3 kelas IPS, anda akan mendapat tepuk tangan dari kami *prok *prok *prok *prok... *lupakan... Yup, ada 6 kelas IPA dan 3 kelas IPS... Nah, ane sih kebetulan minat, nilai, dan hasil psikotes merujuk ke IPA... Alhamdulillah...
Nah, jaman dulu (gak dulu amat sih), sekitar tahun 1980-an, nama jurusan itu gak kayak sekarang... Dulu tuh namanya A1 (Fisika), A2 (Biologi), A3 (Ilmu Sosial), A4 (Sastra Budaya)...
Baru sekitar tahun 1990-an, atau tepatnya 1994 (setelah diberlakukan Kurikulum 1994) *maafkalosalah*, barulah diberlakukan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di beberapa sekolah...
Tapi menurut ane masih mending jurusan di SMA lho, cuma ada 2 atau 3 aja... Nanti, saat di perguruan tinggi, jurusan lebih banyak lagi... Wew...
Sekian dulu yang bisa ane share mengenai penjurusan khususnya untuk SMA... Maaf jika ada yang salah...

Mohon respon...

2 komentar: