Selamat Datang di Blog Saya

Sabtu, 27 Agustus 2011

Mudik : Tradisi Tahunan Masyarakat Indonesia

Mudik. Siapa yang gak tau kata ini. Tiap tahun kita mendengarnya. Ya, sebelum Idul Fitri tiba, biasanya sebagian besar masyarakat Indonesia akan melakukannya.
Lalu apa sih mudik itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik itu artinya pulang ke kampung halaman. Tiap tahun, mudik emang seperti menjadi ritual tahunan yang sayang untuk dilewatkan. Tak peduli berkilo-kilometer jalan yang ditempuh dan tak peduli berjam-jam waktu yang terpakai. Semua itu mungkin kita relakan untuk sebuah momen istimewa bersama sanak keluarga.
Mudik biasanya dilakukan dengan menaiki angkutan umum seperti bus dan kereta (untuk perjalanan satu pulau), juga kapal laut (untuk perjalanan antar pulau). Jalan yang biasanya difavoritkan oleh pemudik adalah Jalan Pantura atau Jalan Pantai Utara.
Selain mendatangkan kebahagiaan, tak jarang juga mudik mendatangkan kesengsaraan. Seperti kecelakaan lalu lintas. Hal itu bisa terjadi karena berbagai hal, seperti para pengemudi yang mungkin mengantuk, tidak mematuhi rambu-rambu lalu lintas, dan lain sebagainya.
Satu pesan bagi yang mudik, "hati-hati di jalan". Hehehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar